5. Kasih Ibu (SS)


Kasih Ibu
Harold Stoddard

Pada suatu hari seorang pastor yang sedang berkeliling mengunjungi umatnya, mampir di rumah keluarga petani. Ia terkesan oleh kepandaian dan sikap ramah dari seorang bocah, anak tunggal dalam keluarga itu, yang baru berusia empat tahun.
Pastor itu akhirnya dapat menemukan satu alasan mengapa bocah itu bersikap begitu baik dan manis. Saat itu ibunya sedang berada di dapur, sedang mencuci bagian-bagian lemari es yang paling sulit ketika putranya itu datang kepadanya dengan membawa sebuah majalah. "“Mami, apa yang sedang dilakukan orang dalam foto ini?” tanyanya.
Sang ibu segera mengeringkan tangannya, duduk di kursi, memangku anak itu, dan menghabiskan waktu selama sepuluh menit menjawab pertanyaan-pertanyaan putranya.
Setelah anak itu puas dan keluar rumah untuk bermain di halaman, sang pastor mengomentari perlakuan dan sikapnya yang istimewa terhadap putranya itu. “Kebanyakan kaum ibu tidak akan mau diganggu seperti itu,” kata sang pastor.
“Pastor, saya masih dapat membersihkan lemari es itu selama sisa hidup saya, tetapi tidak pernah lagi putra saya akan menanyakan pertanyaan itu kepada saya.”